Berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 tenang SISDIKNAS kurikulum adalah seperangkat rencana dan penganturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Secara Tradisional kurikulum adalah matapelajaran yang diajarkan disekolah-sekolah.

Secara Modern, ada beberapa ahli menyatakan bahwa,

1. Menurut Saylor J.Gallen dan William N Alender, kurikulum adalah keseluruhan usaha sekolah untuk mempengaruhi belajar baik berlangsung di kelas, di halaman maupun di luar sekolah.

2. Menurut Soedijarto, kurikulum adalah segala pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan diorganisasikan untuk diatasi oleh para siswa/ mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan bagi suatu lembaga pendidikan.

3. Menurut B. Ragan, kurikulum adalah semua pengalaman anak dibawah tanggungjawab sekolah.

Sumber:
Diambila dari buku berjudul “Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum” karya Hendar Sutopo dan Wasti Sumanto.